MATERI IP SELLA 9I SELLA 26
BAB 1
BERFIKIR KOMPUTASI (BK)
A. Struktur data. SELLA
1. Tree. SELLA
2. Graph. SELLA
B. Algoritma. SELLA
1. Definisi algoritma. SELLA
2. Program. SELLA
3. Bahasa pemrograman. SELLA
4. Pemrograman. SELLA
5. Pemrograman/programer. SELLA
6. Coding. SELLA
7. Algoritma dalam kehidupan sehari-hari. SELLA
C. Ekspresi dan oprasi logika. SELLA
1. Ekspresi logika. SELLA
2. Oprasi. SELLA
3. Operan. SELLA
4. Operator. SELLA
D. Folowchart. SELLA
1. Flowchart. SELLA
2. Jenis flow chart. SELLA
3. Flow chart dokumen. SELLA
4. Flow chart sistem. SELLA
5. Flow chart program. SELLA
E. Simbol flow chart . SELLA
1. Proses atau langkah. SELLA
2. Titik keputusan. SELLA
3. Masukan atau keluaran data. SELLA
4. Terminasi. SELLA
5. Garis alir. SELLA
6. Kontrol atau inspeksi. SELLA
F. Contoh flow chart. SELLA
1. Flow chart tabungan. Sella
2. Flow chart vocher kantin. Sella
BAB 2
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK). Sella
A. Integrasi konten aplikasi perkantoran. SELLA
2. Analisis konten. Sella
3. Mencari aternatif solusi. Sella
4. Pemilihan solusi dan aplikasi pendukung. Sella
B. blog. SELLA
1. Membuat blog melalui pc/laptop. Sella
2. Membuat blog melalui smartphone. Sella
3. Mengelola konten blog. Sella
C. Vlog. SELLA
1. Manfaat vlog. Sella
2. Merekam vidio. Sella
BAB 3
SISTEM KOMPUTER (SK). Sella
A. Komputer dan komponen penyusun nya. SELLA
1. Struktur komputer. Sella
2. Struktur CPU. Sella
3. Prinsip perangkat keras I/O. Sella
B. Sistem oprasi. SELLA
1. Tujuan dari adanya sistem oprasi. Sella
2. Fungsi sistem oprasi. Sella
3. Penanganan proses dalam sistem oprasi. Sella
4. Softwere dan sistem oprasi yang terkenal. Sella
C. Kolaborasi dalam sistem komputer. SELLA
1. Melakukan instalasi program aplikasi penggajian (payroll). Sella
2. Interaksi hardwere dengan sesama hardwere. Sella
3. Interaksi antarmuka hardwere dan softwere. Sella
D. Interaksi manusia dan komputer. SELLA
1. Berbasis GUI (Grapichal User Interface). Sella
2. Antarmuka berbasis perintah (Command Line Interface/CLI). Sella
3. Melalui suara (Audio). Sella
4. Melalui gambar (Vidio). Sella
5. Melalui berbagai piranti masukan lainnya. Sella
E. Unit pengolahan logika dan aritmatika. SELLA
1. Cara proses ALU pada CPU. Sella
BAB 4
JARINGAN KOMPUTER/INTERNET (JKI)
A. Definisi jaringan komputer. SELLA
B. Sejarah perkembangan jaringan komputer. SELLA
C. Jenis-jenis jaringan berdasarkan Area. SELLA
1. Personal areal network (PAN). Sella
2. Local area network (LAN). Sella
3. Metropolitan area network (MAN). Sella
4. Wide area network (WAN). Sella
D. Internet (Interconnection-networking). SELLA
E. Konektivitas internet melalui kabel dan nirkabel. SELLA
1. Perbedaan jaringan berkabel dan jaringan tanpa kabel.
2. Akses internet menggunakan kabel. Sella
F. Macam-macam akses internet tanpa kabel. SELLA
1. Akses internet melalui GPS
2. Akses melalui 3G
3. Akses melalui 3,5 G. Sella
4. Akses internet melalui 4G. Sella
G. Enskripsi data. SELLA
1. Metode enskripsi MD2. Sella
2. Metode enskripsi MD4. Sella
3. Metode enskripsi MD5. Sella
4. Metode enskripsi SHA. Sella
5. Metode enskripsi RC4. Sella
6. Metode enskripsi base64. Sella
H. Cara koneksi ke internet/intranet. SELLA
1. Akses internet melalui dial up. Sella
2. Akses internet melalui jaringan Win (Wireless Fidelity). Sella
3. Akses internet melalui jaringan LAN. Sella
4. Akses internet melalui GPRS. Sella Apple monday
B. Algoritma. SELLA
ALGORITMA DALAM BERFIKIR KOMPUTASI. SELLA/26Siap, aku bikinkan singkat dan jelas ya 👇
Siap, aku bikinkan singkat dan jelas ya 👇
1. Definisi
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah. SELLA
2. Program
Program adalah kumpulan instruksi (algoritma) yang ditulis agar bisa dijalankan komputer. SELLA
3. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah bahasa khusus yang dipakai programmer untuk menuliskan algoritma ke dalam bentuk yang dimengerti komputer (misalnya: Python, C++, Java). SELLA
4. Pemrograman
Pemrograman adalah proses membuat program dengan cara menerjemahkan algoritma ke bahasa pemrograman. SELLA
5. Programmer / Program
Programmer → orang yang membuat program.
Program → hasil dari proses pemrograman (aplikasi/software). SELLA
6. Coding
Coding adalah kegiatan menuliskan kode (instruksi) dalam bahasa pemrograman sesuai algoritma yang telah dibuat.
Komentar
Posting Komentar